Bila PC Anda mulai membandel, jangan langsung membawanya ke tukang
servis atau memanggil divisi TI pada perusahaan Anda. Bukankah lebih
baik jika Anda mengetahui cara menyelesaikan masalah pada PC Anda
sendiri? Kali ini saya akan memberikan tips menyiasati masalah pada PC
yang saya himpun dari berbagai sumber.
1. Cobalah me-restart PC. Me-restart PC adalah cara termudah tetapi
yang sering dilupakan oleh para pengguna PC. Windows terkadang dapat
memperbaiki kesalahan yang ada pada sistemnya hanya dengan me-restart
PC. Bila menekan tombol “Start | Turn Off Computer” tidak befungsi,
cukup tekan tombol ‘reset’ yang ada pada panel PC Anda. Untuk mematikan
PC secara manual, tekan dan tahan tombel power selama beebrapa detik
dan lepaskan. Cara paling terakhir adalah mencabut (jangan digoyang)
konektor listrik.
2. Memahami sumber permasalahan. Restart tidak dapat menyelesaikan
semua masalah PC. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda
ingat ketika PC menghadapi masalah yang serius. Bagaimana gejala pada
PC? Seperti apakah seharusnya PC berjalan? Kapan terakhir kali software
berjalan dengan baik? Kapan pertama kali masalah tersebut muncul?
Apakah yang berubah sejak itu? Apakah hal ini mengganggu Anda? Ketika
Anda telah menemukan masalah yang mengganggu Anda – dan seberapa sering
hal tersebut terjadi – barulah Anda dapat memperbaikinya.
3. Jangan berharap terlalu banyak. Anda harus menyadari bahwa PC Anda
punya batasan. Anda meminta terlalu banyak bila PC yang bisa dianggap
bagus setahun yang lalu diharapkan untuk dapat menjalankan program
tercanggih yang ada sekarang. Komputer bukanlah benda elektronik statis
seperti microwave dan DVD Player. Ia selalu berubah dan berevolusi
dengan cepat, sehingga PC yang berfungsi dengan baik tahun lalu akan
memiliki kinerja yang sama menghadapi program yang ada sekarang.
Semakin canggih program, maka semakin rumit pula proses komputasi yang
harus dijalankan oleh PC. Harap selalu Anda ingat bahwa permintaan
sistem yang ada pada bungkus software sebaiknya diperlukan sebagai
syarat minimum yang harus dipenuhi oleh pengguna PC. Oleh karena itu,
semakin besar kekuatan PC Anda, semakin baik.
4. Baca buku manual. Terkadang permasalahan yang Anda temui sebenarnya
telah dijelaskan pemecahannya di dalam menu Help, FAQ, buku manual,
dalam website pabrikan pembuat perangkat, atau dalam forum online. Cara
terakhir adalah yang terbaik, tetapi Anda membutuhkan banyak waktu
untuk mencarinya di antara topic dalam forum. Walau terlihat sangat
sulit dan menyita waktu, cara ini mungkin akan menjadi satu-satunya
penolong Anda akan masalah yang dihadapi. Apalagi jika technical
support juga gagal mengenali masalah yang Anda hadapi.
5. Selesaikan sendiri masalah Anda. Bila Anda telah menemukan jawaban
dari masalah Anda, ada baiknya Anda coba terapkan sendiri. Namun, jika
pemecahannya membutuhkan tingkat keahlian yang tidak Anda miliki, ada
baiknya pula Anda menghubungi technical support. Bila masalah Anda
berada pada kerusakan software, meng-install ulang software tersebut
akan lebih mudah daripada mencari file yang rusak. Lagipula, cara ini
berhasil untuk hampir semua masalah pada software.
6. Kumpulkan informasi. Sebelum menghubungi technical support, pastikan
Anda menyiapkan segala informasi yang mungkin dapat membantu mereka
ketika berusaha menyelesaikan masalah yang terjadi pada PC Anda.
Beberapa informasi mengenai apa yang terjadi pada PC Anda seperti pesan
error yang muncul di layar atau bunyi aneh pada PC dapat memberi
bantuan yang berguna untuk technical support. Hal lain yang perlu ANda
sampaikan pada mereka adalah nama produk dan versinya, sistem operasi
yang Anda gunakan, spesifikasi hardware, dan kartu pembelian produk.
Oleh karena itu, selalu simpen baik-baik semua benda yang Anda dapatkan
ketika membeli PC Anda seperti kartu garansi, kabel-kabel, dan CD
instalasi.
7. Jangan buang waktu dan uang. Bila Anda yakin masalahnya ada pada
hardware, ada baiknya Anda membuka cover CPU dan memeriksa sambungan
listrik sebelum menghubungi technical support. Waktu yang terbuang
ketika mereka membuka cover tersebut dapta merugikan Anda, apalagi jika
mereka dibayar dengan hitungan waktu (menit atau jam). Selain itu,
periksa hal sepele yang biasanya dapat membuat komputer tidak dapat
bekerja seperti sambungan listrik yang longgar. Akan sangat konyol jika
Anda membayar hanya karena hal sepele seperti itu.
8. Berusaha untuk selalu tenang. Berteriak pada staff technical support
tidak akan dapat menyelesaikan masalah Anda. Anda harus menyadari bahwa
mereka bukan orang serba tahu yang bisa menyelesaikan segala hal.
Terkadang software third party dapat menyebabkan PC bermasalah dan hal
ini bukanlah keahlian dari staff support dari produk yang Anda miliki.
9. Beri dukungan penuh. Bersiaplah untuk bekerjasama dengan sraff
technical support. Anda tidak dapat menyelesaikan masalah pada PC jika
Anda berada jauh dari PC ketika menghubungi mereka. Biarkan komputer
Anda menyala dam bersiaplah untuk menerima dan mengikuti instruksi yang
diberikan.
10. Menghubungi technical support. Inilah cara terakhir bila semua permasalahan Anda tidak dapat diselesaikan.
demikian berbagai tips yang bisa saya berikan...semoga bermanfaat.
pertolongan pertama pada komputer yang rusak.
Written By ization shop on Monday, May 28, 2012 | 11:07 AM
Labels:
Komputer
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment