Cara Menghapus Windows Service Pada Sistem Operasi Windows

Written By Mujianto akhmadi pratama on Monday, December 24, 2012 | 10:32 AM

Windows service adalah proses yang dijalankan oleh sistem operasi Windows. Biasanya setiap kali kita memasang suatu aplikasi atau program tertentu, aplikasi tersebut akan dijalankan di background sistem.
Semakin banyak service yang dijalankan oleh sistem operasi Windows, maka waktu yang diperlukan untuk booting akan lebih lama dari biasanya. Oleh sebab itu sebagian orang yang gemar mengimprovisasi kecepatan PC/laptopnya biasanya akan memperhitungkan hal ini.

Mengapa sebuah service pada windows perlu dihapus?

Ketika suatu program tertentu diuninstall, ia biasanya akan meninggalkan sampah berupa service yang terus dijalankan oleh sistem. Keberadaan service ini dapat memperlambat kecepatan komputer saat dijalankan, oleh karena itu sampah-sampah ini sebaiknya dihapus.
Pengalaman saya, ketika hendak menginstall ulang aplikasi database (PostgreSQL), sistem operasi Windows milik saya menolaknya, disebabkan masih ada service postgresql-8.4 yang dijalankan oleh windows. Service tersebut tidak bisa dihapus begitu saja seperti halnya kita menghapus file pada komputer.

Menghapus service windows

Berikut ini saya contohkan cara untuk menghapus sebuah service dari program yang pernah dijalankan oleh windows. Di sini saya akan mencoba menghapus service dari program PostgreSQL versi 8.4.
  1. Bukalah Control Panel » Administratif Tool » Services
    Jendela Administratif Tool
  2. Cari nama service yang hendak dihapus, kemudian klik dua kali. Akan muncul jendela yang berisi informasi tentang service yang hendak dihapus.
    Jendela Windows Services
    Nama windows service yang akan dihapus
  3. Jalankan Command Promt (CMD) sebagai administrator. Kemudian ketiklah syntax berikut, lalu kemudian jalankan.
    sc delete "NamaService"
    
    pada contoh saya, saya menghapus service postgresql-8.4, maka penulisannya adalah:
    sc delete "postgresql-8.4"
    
  4. Segera setelah dijalankan (dengan mengklik enter), service tersebut telah terhapus dari sistem.
    Jendela command prompt sebagai administrator
Bila anda hendak menghapus service tertentu pada sistem operasi windows, maka berhati-hatilah dan lakukan dengan tepat, karena kesalahan menghapus service yang salah dapat menyebabkan sistem anda rusak.

0 comments:

Post a Comment

 
berita unik